Pages

1.22.2011

Kuliah-Kerja Teknik Fisika ITB 2011

Yo kawan-kawan setia penikmat blog ini dimanapun ibu anda berada...

Gw kemarin baru pulang dari kuliah-kerja nih. Biasanya disingkat KULKER demi memurahkan biaya sms jarkom. Nah tujuan daripada diadakannya kulker ini tidak lain tidak bukan adalah supaya calon-calon penerus bangsa ini dapat mengetahui kulit dari realita dunia pekerjaan yang sekiranya nanti akan digeluti saat kami lulus dari ITB. Well, dunia kerja gak seindah dan se-ideal yang dibayangkan saat kuliah, bukan...

Demi tujuan suci tersebut, kami ber-84 (kayaknya) bersama 3 dosen akhirnya melaksanakan kulker. Berikut adalah report perjalanan kulker yang gw ikuti plus sedikit cerita di dalamnya..

Hari Pertama: PLTP Kamojang


Ada yang tau apa itu PLTP? PLTP bukanlah singkatan dari Persatuan Ludruk Tanjung Priuk, melainkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas-bumi. Yap, Indonesia (katanya) merupakan negara yang memiliki potensi panas bumi terbesar ketiga di DUNIA. Gw lupa urutan satu nya, yang jelas urutan dua nya adalah Filipina. Nah, seandainya dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, bukan mustahil Malaysia akan beli listrik dari kita dan ditukar dengan Siti Nurhaliza. Semoga.

Okay cukup OOT nya. Hari pertama gw berkunjung kesini. PLTP Kamojang. Disini kami melihat dari dekat bagaimana proses kontrol untuk memastikan semua mesin, generator, dll berfungsi dengan baik. Gw juga ngeliat cooling tower segede gaban seperti yang ada di gambar di atas. Ya, itu cooling tower, bukan gedung perkantoran. Bagi jurusan FT pasti gak asing dengan cooling tower. Yang di Lab kalah gede dah. Jelas..

Oh ya hari pertama ini gw dan fellas nginep di Asrama Haji Pd.Gede. Welcome to Bekasi guyz! Bedebu kan? Mang iye...

Hari Kedua:
1. Garuda Maintenance Facility AeroAsia


Ada yang pernah naik pesawat? Ada yang penasaran bengkelnya pesawat ada dimana? Well seperti hal nya mobil dan motor yang punya tempat servis. Pesawat juga gak mau kalah. GMF adalah perusahaan maintenance untuk pesawat-pesawat dalam dan luar negeri. Hari kedua kami berkunjung kesana. Jujur aja, gak banyak yang gw dapet dari GMF selain POTO di DALEM KURSI SEHARGA 3,5 JUTA! :thumbup2: Ini dia potonya...


Itu baca majalah GARUDA, bukan FHM

Ni kursi cozy banget. Di depan kursi gw juga ada layar tipi gitu. Ada tempat gantung baju. Ada bla bla tralala... Banyak deh!!!

2. Gedung Kesenian Jakarta


Gedung Kesenian Jakarta adalah salah satu dari sekian gedung di Indonesia yang menerapkan prinsip-prinsip Fisika dalam perancangannya. Ilmu Fisika yang dimaksud disini adalah Fisika Bangunan tentunya, bukan Fisika Gerak Lurus Berubah Beraturan. Yang diterapkan meliputi Akustik dan Pencahayaan. Disini gw mendapat beberapa hal dan istilah-istilah baru seperti Diffusor, Waktu dengung, dll. Bahkan yang paling menguntungkan adalah kami disuguhkan penampilan gladi resik sebuah kelompok musik dari Jogjakarta. Lupa gw namanya. Ini dia...


Mereka lagi siap-siap tampil, kami lagi siap-siap tidur.

Latihan dibawakan dengan dua metode, non-sound-system dan with-sound-system. Pada pentasnya nanti mereka akan menggunakan bantuan sound system dikarenakan ada beberapa alat musik mereka yang kurang kedengeran bunyinya kalau tanpa sound-system. Semuanya AKUSTIK boy! Gak ada gitar listrik, bass, ato alat-alat nyetrum lainnya.

Di hari kedua ini kami juga masi menginap di Asrama Haji.

Hari Ketiga:
1. PT Pupuk Kujang, Cikampek


Nah di hari ketiga dari rangkaian kulker ini gw berkunjung ke Pabrik Pupuk Kujang di daerah Cikampek. Disini sangat amat disayangkan bahwa kita gak bisa masuk ke kontrol room nya. Gak bisa juga masuk ke pabriknya dikarenakan untuk berkeliling harus memenuhi peraturan K3 yakni harus mengenakan safety helmet, shoes, dan masker. Jadinya kami cuma dibawa berkeliling pabrik layaknya peserta kunjungan taman Safari. Yang gw dapet dari kunjungan ini hanya satu, PT Pupuk Kujang melihara RUSA loh! Sayang gak sempet kepoto..

2. Gedung Perfilman Usmar Ismail Hall


Usmar Ismail Hall adalah gedung perfilman dan juga gedung konser di Jakarta yang bertempat di Kuningan, yang dalam perenovasiannya mendapat bantuan dan arahan langsung dari Prof. Dr. Ir. Soegijanto. Dengan bangga gw berkata bahwa beliau adalah salah seorang dosen di Teknik Fisika ITB. Berkat bantuan dan jasa beliau lah sehingga gedung ini menjadi salah satu gedung dengan sisi akustika dan lightning terbaik di Indonesia.



Gambar di atas adalah bagian dalam dari gedung ini. Sama hal nya dengan GKJ, gedung ini juga menerapkan ilmu Fisika Bangunan dan Akustik dengan sangat baik sehingga seluruh tempat duduk yang ada di dalam gedung ini memiliki kualitas suara yang luar biasa baik. Jika seseorang berbicara dari panggung maka dari depan sampai belakang akan menerima kualitas suara yang SAMA meskipun pembicara tidak menggunakan Mic. :thumbup:

Nah di akhir hari ketiga ini kami menginap di ANYER. Yoi, Anyer yang ada pantainya itu. Kami nginep di Villa nya. Disini juga kami dengan menggunakan segala ilmu yang dipelajari di ITB, mendirikan 2 buah kamar mandi tambahan karena jumlah kamar mandi yang ada tidak mumpuni untuk peserta yang sangat banyak. (84 orang vs 5 kamar mandi). Jadi kami dirikan 2 lagi supaya lebih meng-kover jumlah peserta. Berikut gambar kamar mandinya...


Maafkan kami Mr.Cumz, saudara gak bisa dagang batagor dan bakso selama 5 hari karena spanduknya kami renggut :palu:

Hari keempat: PT Krakatau Steel, Cilegon



Di hari keempat ini yang merupakan hari resmi terakhir dalam rangkaian kulker (karena hari kelima alias jumat cuma hari buat bangun-peking-pulang) gw berkunjung ke PT Krakatau Steel. Disini gw belajar cukup banyak hal, mulai dari melihat 'neraka' dari dekat (neraka yang gw maksud adalah bubur baja. Sumpah dah itu panas banget!! Lebih dari 1500 C). Kemudian melihat kontrol room untuk mengatur otomasi mesin-mesin di pabrik ini. Juga melihat anak-anak perusahaan dari PT Krakatau Steel yang lumayan banyak dengan fungsinya masing-masing. Yang disayangkan adalah disini kami dilarang mengambil gambar sehingga yang gw taro di blog ini adalah gambar hasil googling.
Tapi uda lumayan lah, karena gw dapet banyak ilmu.


Demikian rangakain kulker gw. Hari kelima beneran cuma mandi-peking-pulang. Semoga berita di atas dapat memberikan informasi bagi pembaca sekalian..


n.b. Pic courtesy to Angga Hudaya :cendolbig:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar