Pages

6.14.2009

Equivalent Exchange

Equivalent Exchange atau bisa dibahasa indonesiain pertukaran setara, apakah itu?

Well, baru-baru ini gw sukses namatin 52 episode FULL METAL ALCHEMIST dalam kurun waktu 4 hari! Prestasi. Buat yang mau masuk tekim ato yang uda pasti di tekim kayaknya kalo denger kata2 Alchemist berasa pengen goyangin buntut. Yup, alcemist adalah orang yang bisa melakukan atau paling nggak mempelajari alkimia. Nah, alkimia itu sendiri, ilmu yang katanya rada2 magic gitu (menurut sepengetahuan sedikit gw) adalah ilmu yang mempelajari transmutasi, bisa dari logam menjadi emas, dll dst. Kalo di film FMA nya, bisa dari besi jadi pedang terus buat berantem, dari tembok jadi pintu, dari orang jadi uap (dengan mengubah struktur air menjadi etanol), dll. Nah transmutasi apa? Capek gw jelasinnya mending cari pake om Google yah..

Nah terus apa kaitannya sama bla bla bla exchange tadi?

Ada satu hukum yang harus dipatuhi dalam melakukan transmutasi, yaitu hukum pertukaran setara.
"Humankind cannot gain anything, without first giving up something in return. To obtain something, something of equal value must be lost."
Jadi karena hukum tersebut, kita gak bisa melakukan transmutasi emas dengan bahan dasar daun. Kalo bisa, gw pasti jadi orang paling kaya di dunia. Gw punya banyak daun.

Nah terus kenapa gw bikin notes kayak gini?

Well, gw bikin notes kayak gini bukan untuk ngebuat anda sekalian belajar alkimia en rame2 jadi alchemist. Nope. Ada hal yang sangat penting dari hukum alkimia itu sendiri. Kita gak bisa memperoleh sesuatu yang kita inginkan TANPA mengorbankan sesuatu yang nilainya setara dengan hal yang kita inginkan tersebut.

Contoh umumnya, misalnya lw pengen banget beli sugus, pasti lw harus ngorbanin uang yang nilainya setara dengan sugus yang lw beli. Kalo berlebih pasti akan dikembaliin lebihnya, kalo kurang pasti lw bakal diusir tanpa boleh membawa pulang sugusnya.

Tapi hukum ini gak sesederhana di atas. Misalnya lw pengen banget lulus dengan predikat Cum Laude van damme (IPK>3.499 dan jago berantem). Lw HARUS ngorbanin sesuatu yang nilainya SETARA dengan predikat tersebut. Kali ini sesuatu tersebut gak hanya uang, tapi juga waktu, tenaga, dll. Mungkin banyak dari kita yang sering ngeluh "Duh kok banyak banget tugas?" "Duh kok tugasnya banyak banget?" (kayaknya sama deh) "Duh kok nilai gw jelek banget padahal gw uda belajar?" "Duh kok IP gw segini lagi?"

Jawabannya, tanyakan ke diri anda sendiri, apakah lw udah melakukan pertukaran setara untuk sesuatu yang ingin lw capai tersebut? Apakah lw udah "kehilangan" sesuatu yang nilainya setara dengan sesuatu yang ingin lw dapet? Kalau belum, jangan heran. Kalo udah, berarti faktor X lah yang menentukan terakhir. Faktor "Jika Tuhan Menghendaki".

Eniwei,
mungkin note ini terlambat (ip uda keluar en jurusan uda kepilih) tapi gw rasa gak ada kata terlambat untuk menyadari kesalahan en berubah menjadi Alchemist-Alchemist yang sadar hukum.

Happy Transmuting.
:okay:

n.b (nambah baris)
Alkimia BEDA loh sama Kimia.

4 komentar:

  1. pertama-tama, salam super pak semjo.

    nama saya Ronald Ambatoho, dari klanten.

    saya ingin bertanya. hmm..

    saya heran pak semjo.

    saya pengen punya pacar. tapi saya dah berkorban habis2an supaya jadi ganteng. dan saya udah ganteng nih. tapi belom punya2 pacar juga. gimana donkss???

    mohon saran supernya dari pak semjo.

    salam super.

    BalasHapus
  2. Sungguh luar biasa bung Ronald.

    Sanya dapat merasakan kegigihan bung Ronald dalam berusaha. Tapi sekali lagi kita harus sabar. Mungkin bung belum mengorbankan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hati wanita yang bung inginkan. Saya dari studio akan terus mendukung bung Ronald.

    Tetap super bung.

    Salam super mie.

    BalasHapus
  3. Hmm, sangat dalam ya arti katanya sobat 🗿

    BalasHapus